daftar isi

RECENT POST

Senin, 24 Oktober 2011

Jenis-jenis transportasi darat

Mobil Sewa
Untuk perjalanan panjang didalam mobil dan luar kota, dapat menyewa mobil atau penyewaaan mobil. Pilihan yang lain sebagai persetujuan untuk satu dari taksi atau pangkalan taksi yang mana biasanya terdapat disekitar area kesibukan masyarakat seperti area pasar atau tempat pemberhentian jalan raya, tapi banyak sopir yang beroperasi pada jam terbang malam tanpa surat ijin wajib secara resmi yang mana sangat beresiko. Untuk penyewaan mobil sekaligus supirnya banyak terdapat di Indonesia, itu biasanya memiliki tingkatan yang berbeda untuk supir dengan tujuan didalam kota dan supir untuk tujuan keluar kota.

Tingkatan yang berbeda untuk jarak yang sama atau waktu periode watu, sesuai dengan model dan kondisi mobil yang digunakan. Sebuah catatan untuk mengingat semua daftar mobil taksi dan penyewaan mobil digunakan plat nomor warna kuning, hitam untuk mobil pribadi dan merah untuk kendaraan milik pemerintah. Hal ini lebih baik untuk pedoman daftar taksi dan transportasi Bandar udara dalam kedatangan ke sebuah tujuan.

Taksi
Taksi berargo biasanya terdapat di Jakarta. Di Jakarta tarif tertinggi adalah Rp 5.000 (US $ 0.5) dan Rp 2.000 adalah tarif tambahan per kilometer. Taksi seperti ini biasanya banyak digunakan juga dikota lainnya dan semua dilengkapi dengan argo meter/ alat pengukur tarif. Biasanya, taksi-taksi memiliki AC, kecuali untuk taksi yang disewakan per jam, kebanyakan Bandar udara memiliki agen transportasi dimana taksi menjadi fasilitas dan masalah tentang bukti pembayaran tunai untuk tujuan yang berbeda. Ini untuk menghindari pujian mobil mini yang mana memiliki dua tempat duduk. Tawar-menawar adalah kebutuhan dan sebuah harga menjadi persetujuan sebelum menyewa. Mobil mini dengan roda tiga ini tidak diperbolehkan melintasi jalan tertentu dan untuk mengambil pengalihan, jadi waktu perjalanan bertambah panjang/lama. Mobil ini juga kurang nyaman dibandingkan denga mobil beroda empat dan tempatnya terbatas. Ini benar-benar taksi dengan tarif rendah

Microlet/Oplet/Bemo
Ini adalah bus kecil, yang mana dapat mengangkut 10 penumpang dan melintasi jalur yang pasti. Kendaraan ini memiliki sebutan nama yang berbeda di lain kota, seperti angkutan di Jawa Tengah, Bemo di Bali. (Bemo di Jakarta adalah kendaraan yang lebih kecil mengangkut 7 penumpang). Tarif bemo mengandalkan pada jarak dan berhenti berkali-kali menurut keinginan penumpang. Kendaraan ini dapat disewa tetapi melalui tawar-menawar. Selain di kota, kendaraan ini juga dapat disewa tetapi melalui tawar-menawar. Selain dikota, kendaraan ini juga beroperasi diluar kota, untuk hal ini antara Jakarta dan Bogor dan sepanjang jalan negara.

Sepeda Motor
Walaupun sebagian besar memiliki kendaraan pribadi, orang asing dibeberapa tempat misalnya disekitar pantai yang ada di Bali atau Yogyakarta dapat menyewa sepeda motor dan tempat yang sering dikunjungi orang asing terutama anak muda. Biasanya tarif setiap harinya dapat direncanakan dan itu dapat menjadi keuntungan besar dimana kamu dapat merencanakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh selama hari itu. Tarifnya sekitar Rp 50.000 (US $ 5,5) untuk 1 hari dan tanpa menyewa pengemudi.

Mereka ini juga menyewa beserta pengemudinya ketika kamu melakukan perjalanan. Hal ini benar, mungkin lebih baik untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan, sebagai contoh, salah satunya kurang pengalaman atau kurang pengetahuaan dengan lapangan dan rambu jalan atau peraturan lalu lintas.
Artinya, lebih baik kamu mengendarainya sendiri, sementara surat ijin pengendara bisa dibuat dikantor polisi

Sepeda
Seperti sepeda motor, sepeda bertenaga manusia biasanya tersedia untuk disewa dibeberapa tempat, khususnya di Yogyakarta dimana sepeda menjadi alat angkut utama, dan juga di Bali. Kamu tidak membutuhkan surat izin untuk mengendarai sepeda.

Becak
Becak adalah jenis taksi sesungguhnya orang-orang miskin di Indonesia dan walaupun menjadi berangsur-angsur tidak kelihatan di Jakarta dan kota besar lainnya di Jawa. Itu adalah gambaran dari contoh beberapa transportasi yang popular, dimana penjabat tidak memiliki larangan yang berpengaruh terhadap mereka, di Jakarta, mereka mengizinkan untuk beroperasi menyusur keluar kota di Jakarta. Salah satu akan dapat menghormati untuk membayar kendaraan lainnya. Mereka mengizinkan untuk beroperasi bebas di Yogyakarta, Denpasar, Surabaya dan tempat-tempat lainnya, dimana mereka dapat menjadikan contoh transportasi dalam kota yang murah dan tepat. Pengemudi-pengemudi becak, walaupun reputasinya menjadi buruk ketika penekanan social, sebagian besar diantaranya mereka ramah terhadap pengemudi kendaraan umum dan sikap para penumpang.

Ojek
Ojek sepeda atau sepeda motor sistem pengangkutan penumpangnya sama seperti taksi. Penumpang duduk dibelakang tempat pengemudi, disini mereka mendapatkan ongkos paling murah dan paling tepat dari transportasi kota. Biasanya ongkos disini jauh lebih rendah dibandingkan di Jakarta. Pengemudi becak, walaupun dianggap sebagai penjahat ketika ditekan oleh masyarakat, pengemudi becak berada diantara sekian dari masyarakat pengendara kendaraan yang baik terhadap penumpangnya.
Versi modern dari sebuah institusi tentang taksi sepeda motor. Untunglah banyak gank motor dan komonitas yang belum dikenal di Indonesia. Kamu mungkin dapat untuk menjumpai mereka di kota dan area-area pasar ikan di Jakarta dan dipersimpangan jalan-jalan diluar kota.
Bagaimanapun kamu menjadi mempersiapkan untuk membayar ongkos paling sedikit, Rp 2.000 untuk mengendarai dengan sepeda motor; tak sebanyak untuk satu daratan sepeda. Untuk menjaga ketenangan transportasi, jadi tidak perlu takut ketika kamu melihat segerombolan anak muda disebuah pangkalan dengan mengenakan jeans biru dan didekatnya diparkir banyak sepeda motor pada sudut jalan.

Delman
Delman tidak lagi diketemukan di Jakarta. Tetapi ditempat lain di Indonesia, terutama di kota kecil, mereka menjadikannya alat transportasi penting. Di beberapa tempat di Indonesia, ada yang menggunakan satu kuda, kendaraan roda dua dipanggil dokar, delman, satu tempat duduk penumpang disamping disebelah pengemudi dan tiga dibelakang. Ongkos minimal Rp 10.000 untuk jarak dari beberapa tempat di atas lima kilometer itu adalah alas an di kota-kota seperti Bogor dan Bandung dan akan menjadi mungkin rendah di kota-kota selanjutnya di daerah pedalaman di Yogyakarta dan Surabaya, mayoritas delman banyak menggunakan empat roda ditarik oleh dua kuda dan daerah setempat menyebut andong.
Sekarang alat transportasi itu menjadi sepi dibeberapa area, walaupun di banyak kota, telah banyak yang memiliki dan lebih memilih untuk mengoperasikan becak karena lebih murah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar