daftar isi

RECENT POST

Senin, 02 Januari 2012

BAT MOBILE

 Selain memberantas kejahatan, yang menarik dari tokoh superhero Batman adalah berbagai pernik yang digunakan saat beraksi, seperti jubah anti-api, bumerang, pistol pelontar tali, dan tak ketinggalan ikon Batmobile (kendaraan) yang selalu menemaninya.
Untuk urusan mobil, sutradara Hollywood telah menciptakan visualisasi tunggangan ideal Batman sejak era 1980-an hingga 2010. Bentuknya pun berawal dari model klasik, futuristik, sampai mobil perang sesuai dengan cerita dan perkembangan zaman.
Nah, kendaraan Batman ini didesain oleh Gordon Murray, mantan perancang mobil F1 di tim Brabham (milik Bernie Ecclestone) dengan karyanya BT39 dan BT52 dan sempat lama bersama McLaren sampai 2006, yang kemudian mendirikan perusahaan Gordon Murray Design. Kini, ia juga menciptakan mobil listrik city car T25 dan T27.
Dari tampilan, Murray tak ingin menghilangkan ciri khas Batmobile yang gelap dengan warna hitam dop ala "The Dark Knight". Tetapi, jiwa F1 Murray terpancar pada kendaraan itu. Selain ceper, penyangga sayap difungsikan sebagai pemegang sepatbor. Uniknya, Gordon menambahkan LED warna-warni pada roda dan lampu sorot di "hidung" mobil. Menanggapi hasil karyanya, Gordon tak bertutur banyak, "Ini lumayan hijau." Apa maksudnya?
Seluruh bodi Batmobile yang diproduksi menggunakan bahan serat karbon membuatnya ringan, tetapi kokoh. Meski tak dijelaskan secara spesifik, Gordon membekali mobil dengan teknologi ramah lingkungan, yang mengombinasikan baterai Lithium-ion dan hydrogen fuel cell.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar